Langsung ke konten utama

Tips Perjalanan Jarak Jauh Menyenangkan

7 Rekomendasi Wisata Pantai Di Kota Malang


7 rekomendasi wisata pantai di kota Malang. Kota malang selain terkenal dengan sebutan kota pelajar dan menjadikan tujuan para lulusan pelajar SMA untuk melanjutkan studi perguruan tingginya. Juga memiliki banyak tempat wisata alam dengan panorama yang indah. Salah satunya adalah tempat wisata pantai yang sudah JJW rangkum untuk dapat kalian kunjungi. 7 rekomendasi tempat wisata pantai di kota Malang, sebagai berikut:



1) Pantai Balekambang



Pantai Balekambang terletak di dusun sumber Jambe, desa srigonco, kecamatan Bantur, kabupaten Malang. Pantai ini masuk di pesisir selatan kota malang. Wisata pantai Balekambang di buka secara resmi pada tahun 1985 hingga sekarang serta menjadi salah satu objek wisata pantai andalan di kota Malang. Daya tarik dari pantai ini selain memiliki panorama alam, gelombang ombak yang memanjang hampir kurang lebih 2 km serta hamparan pasir putih nan luas sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga. Juga terdapat sebuah pura Amarta jaya yang terletak di tengah laut seperti kebanyakan yang terdapat di pulau Bali. Maka dari itu pantai Balekambang ini juga di kenal dengan sebutan tanah lot Jawa timur.



2) Pantai Kondang Merak
Pantai kondang merak berada di desa sumber bening, kecamatan Bantur, kabupaten Malang. Pantai kondang merak menjadi salah satu destinasi jujukan para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melakukan kegiatan snorkeling. Karena memiliki panorama bawah laut yang indah seperti terumbu karang, spons dan kerang di sekitar pantainya. Selain itu pantai ini juga menjadi terminal perahu nelayan bermesin tunggal. Seringkali juga terjadi jual beli hasil tangkapan para nelayan berlangsung di pantai ini. Seperti hasil tangkapan ikan tuna, kakap atau pun gurita.



3) Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep berada di desa kedungsalam, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang. Jarak dari kota Malang menuju pantai ini kurang lebih 62 km ke arah selatan kota malang. Dan untuk luas pantai ini kurang lebih 10 Ha yang terdiri dari hutan lindung, area wisata, penginapan dan lahan parkir. Pantai ini dikelilingi oleh Tebing-tinggi yang curam dan hamparan hutan tropis di sekitarnya. Di pantai Ngliyep juga terdapat sebuah pulau kecil bernama gunung Jombang sebagai tempat petilasan yang bisa dikunjungi para wisatawan. Serta di sisi kiri pantai ini terdapat sebuah teluk bernama teluk Putri yang tak kalah indahnya akan panorama alamnya. Hanya saja para pengunjung harus hati-hati karena terkadang gelombang ombak bisa cukup besar. Oleh karena itu para wisatawan tidak diperbolehkan mendekat sampai bibir pantai. Selain memiliki panorama alam yang indah pantai ini juga terkenal dengan upacara labuhan yang di adakan setiap tanggal 14 maulud (rabiul awal). Labuhan adalah kegiatan masyarakat adat Jawa berupa selamatan dengan menyembelih kambing dan sapi lalu kemudian di sedekahkan kepada masyarakat sekitar dan juga dilarung atau ditebarkan ke tengah laut.



4) Pantai Lenggoksono


Pantai lenggoksono masuk wilayah dusun lenggoksono, desa Purwodadi, Tirtoyudo, kabupaten Malang. Jalanan menuju pantai ini terkenal dengan belokan tajam disertai tanjakan dan jalan menurun yang curam. Bahkan terdapat jurang sisi kanan dan kiri jalan. Pantai lenggoksono selain memiliki pemandangan alam yang indah serta potensi ikan yang berbagai jenis, juga menjadi wilayah konservasi lobster mutiara, lobster pasir dan lobster batu. Selain kekayaan alam bawah lautnya terdapat pula ciri khas lainnya dari pantai lenggoksono ini. Tak jauh dari arah pantai ini tepatnya di teluk kletekan terdapat sebuah air terjun yang berada di bibir pantai yang menjorok ke tengah laut. Air terjun ini terkenal dengan sebutan banyu anjlok. Untuk menuju banyu anjlok para wisatawan harus menempuh jalur laut menggunakan perahu jungkung nelayan yang disewakan. Akan tetapi wisatawan dianjurkan untuk ekstra berhati-hati saat menyewa perahu jungkung nelayan karena ombaknya yang cukup besar ketika mengarungi teluk menuju banyu anjlok.



5) Pantai Teluk Asmara
Pantai teluk asmara berada di desa tambakrejo, kecamatan sumbermanjing wetan, kabupaten Malang. Pantai teluk asmara baru resmi di buka secara umum pada tahun 2017 berkat selesainya proyek jalur lintas selatan di malang Selatan. Keindahan alam dari pantai ini tidak kalah jauh indahnya dengan pantai-pantai lainnya. Terdapat pula gugusan pulau kecil yang sering di samakan dengan raja Ampat. Para wisatawan juga dapat melakukan kegiatan snorkeling karena pantai ini memiliki berbagai terumbu karang dan biota laut yang bisa anda nikmati.


6) Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang biru terletak di dusun Sendang biru, desa tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing wetan, kabupaten Malang. Daya tarik tersendiri dari pantai Sendang biru karena adanya pulau Sempu yang merupakan cagar alam dengan danau tawar yang penuh ikan lele di tengah hutannya serta danau air laut. Selain itu daya tarik lainnya dari pantai ini adalah tempat pelelangan ikan (TPI) dan wisata naik perahu bermesin diesel untuk berkeliling pantai. Keunikan lainnya dari pantai Sendang biru ketika di hari-hari syawalan yaitu sekitar tanggal 7-8 Syawal banyak yang berperahu ke pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang di percayai bisa untuk kesembuhan dan kesehatan. Sedangkan untuk setiap tahunnya tepatnya pada 27 September penduduk setempat menyelenggarakan acara petik laut (sedekah laut).


7) Pantai Goa Cina
Pantai goa Cina yang berlokasi di dusun tumpak awu, desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing wetan, kabupaten Malang. Sebenarnya nama asli pantai ini adalah pantai Rowo indah. Namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang Tionghoa yang sedang bertapa di dalam goa yang ada di dalam kawasan pantai ini, nama pantai Rowo indah kalah populer dengan sebutan goa Cina hingga sekarang. Goa tersebut sebenarnya tidak begitu bagus, hanya rongga biasa yang menjorok sekitar 8 meter dengan ketinggian sekitar 2 meter. Ruangan tersebut cukup lebar bisa untuk dua orang beriringan. Siapa pun bisa dengan mudah masuk. Tidak seperti kebanyakan goa lainnya di goa Cina tidak terlihat batu-batu stalaktit maupun stalakmit yaitu batu-batu yang menjorok tajam dari atas goa maupun dari sisi tebing maupun dasar goa. Jadi bisa dikatakan goa ini sebagai rongga di dalam karang. Selain keberadaan goa yang menjadi ciri khas pantai ini, terdapat pula fenomena alam yang langka. Yakni terjadinya gelombang bersimpangan tidak karuan dari tiga arah, selatan, timur dan barat. Sehingga arus gelombang yang bertabrakan tersebut memunculkan suara bergemuruh.




Itulah 7 rekomendasi wisata pantai di kota malang. Masih ada banyak wisata alam terutama pantai di kota Malang yang memiliki panorama keindahan alam yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di luar kota malang. Sekian JJW rangkum 7 rekomendasi wisata pantai di kota Malang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian. Akhir kata apabila ada salah kata baik sengaja ataupun tak di sengaja JJW mohon maaf. Dan happy holiday!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wana Wisata Winong Wajak Kabupaten Malang

Wana wisata Winong atau disingkat W3 adalah wisata nuansa alam hutan pinus di lereng Semeru tepatnya berlokasi di dusun Tambakrejo, desa bringin, kecamatan wajak, kabupaten Malang. Objek wisata ini di bangun secara swadaya oleh masyarakat sekitarnya. Dengan harapan desa mereka bisa menjadi salah satu alternatif wisata di timur kabupaten Malang. Selain bentangan hutan Pinus yang menjadi salah satu daya tarik objek wisata ini. Terdapat pula banyaknya spot untuk para wisatawan berselfie. Para pemuda setempat juga menghiasi pohon-pohon Pinus tersebut dengan aneka payung warna warni. Keberadaan gazebo untuk beristirahat para wisatawan menikmati kesejukan alam hutan Pinus menjadi nilai plus dari tempat ini. Udara yang bebas dari polusi, hutan Pinus yang asri dan spot-spot foto. Keunikan lainnya ada pada rumus-rumus tematik yang bergelantungan di antara payung-payung warna warni. Di setiap sudut terdapat rumus-rumus matematika mulai dari rumus luas lingkaran, luas segitiga

Tips Perjalanan Jarak Jauh Menyenangkan

      Tips perjalanan jarak jauh menyenangkan . Sobat JJW pasti menginginkan perjalanan kalian menarik, menyenangkan dan mengesankan. Jangan sampai di saat tengah perjalanan justru menjadikan momen yang membosankan atau tidak menyenangkan apalagi sampai mabuk perjalanan. Perjalanan jarak jauh entah menuju kampung halaman atau berwisata dapat dilakukan dengan beragam transportasi yang digunakan baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Baik kendaraan roda dua, roda empat maupun transportasi udara dan laut. Tips agar perjalanan jarak jauh sobat JJW menyenangkan dan tentunya mengesankan, JJW telah merangkumnya dalam 5 tips agar perjalanan jarak jauh kalian menyenangkan sebagai berikut :   Persiapan Matang Sebelum memasuki hari-H sobat JJW tentunya melakukan persiapan yang matang. Persiapan ini bisa kalian lakukan mulai menyiapkan barang apa saja yang kalian butuhkan selama di perjalanan maupun di tempat tujuan kalian bepergian. Selain itu juga kalian harus mempersiapkan kondi