Langsung ke konten utama

Tips Perjalanan Jarak Jauh Menyenangkan

Tugu Pahlawan Surabaya








Tugu Pahlawan Surabaya terletak di tengah-tengah kota jalan Pahlawan Surabaya dan dekat dengan kantor gubernur Jawa Timur. Monumen ini merupakan salah satu ikon kota Surabaya sebagai kota Pahlawan. Berdiri di atas lahan seluas 1,3 hektare dan secara administrasi berada di wilayah kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Tinggi monumen ini adalah sekitar kurang lebih 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas dan canalures mengandung makna tanggal 10 bulan 11 (November) tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk kota Surabaya melainkan juga seluruh masyarakat Indonesia. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 november 1945 di Surabaya. Dimana arek-arek Suraboyo berjuang melawan pasukan sekutu Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.


Pada saat pembangunan Tugu Pahlawan ada dua pendapat mengenai siapa yang menjadi pemrakarsa sekaligus arsitek monumen tersebut. Menurut Gatot Barnowo monumen ini diprakarsai oleh Doel Arnowo yang saat itu menjabat sebagai Kepala Daerah Kota Besar Surabaya. Kemudian ia meminta Ir. Tan untuk merancang gambar monumen yang dimaksud untuk selanjutnya diajukan kepada Bapak Presiden Soekarno.

Sedangkan menurut Ir. Soendjasmono pemrakarsa monumen tersebut adalah Ir. Soekarno sendiri. Ide tersebut mendapatkan perhatian khusus dari walikota Surabaya, Doel Arnowo. Untuk perencanaan dan gambarnya diserahkan kepada Ir.R.Soeratmoko yang telah mengalahkan beberapa arsitektur lainnya dalam sayembara untuk pemilihan arsitek untuk membangun monumen Tugu Pahlawan. Proses pembangunan monumen Tugu Pahlawan berlangsung selama 10 bulan dan diresmikan oleh presiden Soekarno pada tanggal 10 November 1952.


Dibawah lahan tanah Tugu Pahlawan sedalam kurang lebih 7 meter terdapat sebuah museum yang bernama Museum Sepuluh November untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya. Di dalam museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.  Selain itu juga beberapa benda peninggalan Bung Tomo serta rekaman asli pidato Bung Tomo yang berapi-api membangkitkan gelora dan hasrat rakyat serta para pemuda Suroboyo akan kemerdekaan dapat didengarkan dari sebuah radio kuno. Beberapa diorama statis menggambarkan aksi kepahlawanan arek-arek Suroboyo yang hanya dengan menggunakan bambu runcing dan senapan rampasan mampu melawan sekutu dapat pula dinikmati para pengunjung.

Museum Sepuluh November terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama berisikan pameran 10 patung yang menggambarkan bentuk semangat perjuangan rakyat Surabaya dan orasi Bung Tomo serta ruang auditorium. Sedangkan di lantai 2 berisikan ruang pameran senjata, reproduksi foto-foto dokumenter dan pameran koleksi peninggalan Bung Tomo. Selain yang telah disebutkan di atas masih ada dua ruang diorama yang menyajikan delapan peristiwa yang terjadi sekitar 10 November 1945 lengkap dengan narasi.

Bangunan Museum Sepuluh November memiliki atap berundak dengan bagian depannya terdapat patung yang menggambarkan tiga pemuda dengan senjata bambu runcing berjuang melawan penjajah. Museum sepuluh november diresmikan secara umum pada tanggal 19 februari 2000 oleh presiden K.H.Abdurrahman Wahid.


Tugu Pahlawan Surabaya dan Museum Sepuluh November adalah saksi bisu sejarah Indonesia dalam merebutkan kemerdekaan terutama di wilayah Surabaya di bawah pimpinan Bung Tomo kala itu. Semangat juang mereka benar-benar dedikasikan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sepatutnya kita sebagai generasi muda tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini. Dengan adanya Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November selain kita bisa belajar dan mengetahui sejarah Indonesia, juga mengajarkan kita agar tak lupa akan sejarah bangsa kita.







Sumber Gambar : Wikipedia
www.batiqa.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Rekomendasi Wisata Pantai Di Kota Malang

7 rekomendasi wisata pantai di kota Malang. Kota malang selain terkenal dengan sebutan kota pelajar dan menjadikan tujuan para lulusan pelajar SMA untuk melanjutkan studi perguruan tingginya. Juga memiliki banyak tempat wisata alam dengan panorama yang indah. Salah satunya adalah tempat wisata pantai yang sudah JJW rangkum untuk dapat kalian kunjungi. 7 rekomendasi tempat wisata pantai di kota Malang, sebagai berikut: 1) Pantai Balekambang Pantai Balekambang terletak di dusun sumber Jambe, desa srigonco, kecamatan Bantur, kabupaten Malang. Pantai ini masuk di pesisir selatan kota malang. Wisata pantai Balekambang di buka secara resmi pada tahun 1985 hingga sekarang serta menjadi salah satu objek wisata pantai andalan di kota Malang. Daya tarik dari pantai ini selain memiliki panorama alam, gelombang ombak yang memanjang hampir kurang lebih 2 km serta hamparan pasir putih nan luas sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga. Juga terdapat sebua

Wana Wisata Winong Wajak Kabupaten Malang

Wana wisata Winong atau disingkat W3 adalah wisata nuansa alam hutan pinus di lereng Semeru tepatnya berlokasi di dusun Tambakrejo, desa bringin, kecamatan wajak, kabupaten Malang. Objek wisata ini di bangun secara swadaya oleh masyarakat sekitarnya. Dengan harapan desa mereka bisa menjadi salah satu alternatif wisata di timur kabupaten Malang. Selain bentangan hutan Pinus yang menjadi salah satu daya tarik objek wisata ini. Terdapat pula banyaknya spot untuk para wisatawan berselfie. Para pemuda setempat juga menghiasi pohon-pohon Pinus tersebut dengan aneka payung warna warni. Keberadaan gazebo untuk beristirahat para wisatawan menikmati kesejukan alam hutan Pinus menjadi nilai plus dari tempat ini. Udara yang bebas dari polusi, hutan Pinus yang asri dan spot-spot foto. Keunikan lainnya ada pada rumus-rumus tematik yang bergelantungan di antara payung-payung warna warni. Di setiap sudut terdapat rumus-rumus matematika mulai dari rumus luas lingkaran, luas segitiga

Tips Perjalanan Jarak Jauh Menyenangkan

      Tips perjalanan jarak jauh menyenangkan . Sobat JJW pasti menginginkan perjalanan kalian menarik, menyenangkan dan mengesankan. Jangan sampai di saat tengah perjalanan justru menjadikan momen yang membosankan atau tidak menyenangkan apalagi sampai mabuk perjalanan. Perjalanan jarak jauh entah menuju kampung halaman atau berwisata dapat dilakukan dengan beragam transportasi yang digunakan baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Baik kendaraan roda dua, roda empat maupun transportasi udara dan laut. Tips agar perjalanan jarak jauh sobat JJW menyenangkan dan tentunya mengesankan, JJW telah merangkumnya dalam 5 tips agar perjalanan jarak jauh kalian menyenangkan sebagai berikut :   Persiapan Matang Sebelum memasuki hari-H sobat JJW tentunya melakukan persiapan yang matang. Persiapan ini bisa kalian lakukan mulai menyiapkan barang apa saja yang kalian butuhkan selama di perjalanan maupun di tempat tujuan kalian bepergian. Selain itu juga kalian harus mempersiapkan kondi