Langsung ke konten utama

Tips Perjalanan Jarak Jauh Menyenangkan

7 Rekomendasi Wisata Alam Di Kota Malang

 


7 rekomendasi wisata alam di kota Malang. Kota malang tidak hanya terkenal dengan udara dinginnya dan sejuk serta keindahan alam pesisir pantai selatan. Melainkan juga banyak destinasi wisata alam yang tak kalah epik akan keelokannya. Kali ini JJW akan merangkum 7 rekomendasi wisata alam di kota Malang, sebagai berikut :




1) Coban Pelangi

Coban pelangi berlokasi di desa gubuk Klakah, Poncokusumo, Malang. Coban pelangi tidaklah asing di telinga para pendaki gunung Semeru karena untuk memasuki pos pertama para pendaki harus melewati air terjun Coban pelangi ini. Yang menjadi keunikan dari objek wisata air terjun ini adalah munculnya pelangi di dasar air terjun ketika sinar matahari menyinari air terjun Coban. Biasanya fenomena alam ini terjadi sekitar pukul 10 pagi hingga 2 siang. Rute untuk menuju lokasi wisata Coban pelangi melalui wilayah tumpang kemudian perjalanan diteruskan ke arah desa gubuk Klakah. Setelah tiba di lokasi dari arah parkiran menuju air terjun para pengunjung harus berjalan kaki dan menyeberangi jembatan bambu sekitar 1,5 km. Jembatan bambu ini bernama jembatan cinta konon bagi penduduk sekitar di percaya dapat mengabulkan harapan bagi pengunjung yang melewatinya sembari mengucapkan harapannya dalam hati.



2) Sumber Maron

Sumber maron berlokasi di karangsuko, pagelaran, malang. Wisata alam sumber maron tidak hanya memperkenalkan keindahan alamnya yang cantik tapi juga menawarkan unsur edukasi dan pengetahuan yang bisa didapatkan bagi pengunjung wisata ini. Sumber maron menampilkan daya tarik dengan sumber air mata yang jernih dan terdapat air terjun kecil atau waterfall. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi hanya sekitar 5 atau 6 meter dengan kemiringan sekitar 60 meter. Letak dan lokasi dari air terjun kecil atau waterfall ini berdekatan dengan area persawahan para petani. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan sumber maron untuk membudidayakan tanaman kangkung. Rute untuk menuju lokasi ini dari kota Malang melewati sukun, Turen, Kebonsari lalu ke Pakisaji hingga ke kepanjen. Setelah sampai di Kepanjen menuju ke arah stadion Kanjuruhan kemudian dari area depan stadion, ikuti jalur utama ke arah timur sekitar 3km ke arah Gondanglegi.



3) Kebon Teh Wonosari

Kebon teh wonosari berlokasi di Toyomarto, Lawang, malang. Luas kebun teh wonosari Lawang ini sekitar kurang lebih 1 hektar dengan di bagi menjadi 3 bagian. Bagian tersebut yaitu kebun wonosari, kebun radeng agung dan kebun gebug lor. Agrowisata kebun teh Wonosari ini berada tepat di kaki lereng gunung Arjuno yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 1.250 mdpl di kecamatan Lawang kota Malang. Selain menyajikan keindahan alam di tengah kebun teh para pengunjung dapat menikmati hawa dingin dan udara yang bebas polusi. Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini mulai kereta mini untuk berkeliling perkebunan, terdapat pula wisata edukasi, pemandian air hangat, dan kebun binatang mini. Rute untuk menuju lokasi agrowisata kebun teh wonosari dari kota Malang cukup mudah yaitu melewati terminal Arjosari, Singosari, lalu Lawang. Setelah sampai di Lawang menuju ke arah terminal Lawang kemudian dilanjutkan ke arah Wonosari. Disini jalanan yang di lalui lumayan menanjak dan berkelok-kelok tetapi akses jalan sudah cukup bagus dan mudah dilalui baik roda dua maupun empat.



4) Pemandian Air Kendedes

Pemandian air Kendedes terletak di jalan Kendedes, kelurahan candirenggo, kecamatan Singosari. Lokasinya kurang lebih 1 km dari candi Singosari. Pemandian air Kendedes sarat akan sejarah kejayaan kerajaan Singosari. Yang menjadi keunikan tersendiri selain sarat makna sejarah terdapat pula pemandian air hangat di dalamnya. Pemandangan sekitar pemandian ini juga tak kalah pesonanya untuk menjadi sasaran bidikan kamera kalian para pecinta fotografi. Untuk fasilitas penunjang di pemandian Kendedes sudah terdapat musholla, toilet umum, persewaan ban/baju renang, kantin, lahan parkir, dan gazebo. Akses untuk mencapai lokasi pemandian Kendedes dari kota malang melalui rute arah jalan Malang menuju ke Surabaya. Hingga bertemu pasar Singosari atau candi Singosari.



5) Taman Wisata Wendit

Taman wisata Wendit terletak di jalan raya Wendit, mangliawan, pakis. Daya tarik khas dari taman wisata Wendit adalah terdapat puluhan kera jinak yang bebas berkeliaran di hutan kecil Wendit dan di atas pepohonannya. Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap mulai musholla, toilet umum, lahan parkir yang cukup luas, kolam renang (alami dan buatan), sepeda air, kantin, serta toko-toko yang menjual cendera mata. Akses untuk menuju lokasi taman wisata Wendit ini dari malang ke arah gunung Bromo yang melalui tumpang, Poncokusumo. Cukup mudah untuk menemukan letak taman wisata Wendit ini karena berada di pinggir jalan raya tepatnya sisi kanan dari arah barat.



6) Coban Jahe

Coban jahe juga di kenal dengan sebutan lainnya yaitu Coban begawan. Lokasinya terletak di desa begawan, sukopuro, Jabung. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 45 meter. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini kalian harus jalan kaki terlebih dahulu sekitar 1 km. Dengan jalanan yang menjadi sangat licin apabila di saat musim hujan. Disini juga terdapat beberapa fasilitas di antaranya warung makan, taman bunga mini, permainan tubing mini, musholla, gazebo dan lain sebagainya. Untuk bisa mencapai lokasi Coban jahe kalian bisa mengarahkan kendaraan ke arah tumpang. Setelah menemukan gapura dengan tulisan "selamat datang di tumpang" kalian akan di pandu dengan papan petunjuk ke arah lokasi Coban jahe.



7) Sumber Taman

Sumber taman terletak di antara dua desa yaitu desa karangsuko dan desa brongkal, kecamatan pagelaran. Dari kota malang cukup menempuh perjalanan sekitar 45 menit dengan kendaraan pribadi. Daya tarik dari sumber taman yakni konon sumber airnya berasal dari 2 batang pohon besar. Airnya tergolong jernih sehingga dapat terlihat dasar pemandian dengan sangat jelas. Selain itu juga terdapat potensi di sektor pertanian dengan memanfaatkan sumber air taman. Meski dibuat irigasi oleh masyarakat sekitar sumber air taman ini tidak pernah kering sekalipun musim kemarau.




Itulah 7 rekomendasi wisata alam di kota Malang yang dapat JJW rangkum. Semoga informasi ini bermanfaat. Mohon maaf apabila ada salah kata baik sengaja maupun tidak disengaja. Selamat berakhir pekan. And happy holiday !!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Rekomendasi Wisata Pantai Di Kota Malang

7 rekomendasi wisata pantai di kota Malang. Kota malang selain terkenal dengan sebutan kota pelajar dan menjadikan tujuan para lulusan pelajar SMA untuk melanjutkan studi perguruan tingginya. Juga memiliki banyak tempat wisata alam dengan panorama yang indah. Salah satunya adalah tempat wisata pantai yang sudah JJW rangkum untuk dapat kalian kunjungi. 7 rekomendasi tempat wisata pantai di kota Malang, sebagai berikut: 1) Pantai Balekambang Pantai Balekambang terletak di dusun sumber Jambe, desa srigonco, kecamatan Bantur, kabupaten Malang. Pantai ini masuk di pesisir selatan kota malang. Wisata pantai Balekambang di buka secara resmi pada tahun 1985 hingga sekarang serta menjadi salah satu objek wisata pantai andalan di kota Malang. Daya tarik dari pantai ini selain memiliki panorama alam, gelombang ombak yang memanjang hampir kurang lebih 2 km serta hamparan pasir putih nan luas sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga. Juga terdapat sebua

Wana Wisata Winong Wajak Kabupaten Malang

Wana wisata Winong atau disingkat W3 adalah wisata nuansa alam hutan pinus di lereng Semeru tepatnya berlokasi di dusun Tambakrejo, desa bringin, kecamatan wajak, kabupaten Malang. Objek wisata ini di bangun secara swadaya oleh masyarakat sekitarnya. Dengan harapan desa mereka bisa menjadi salah satu alternatif wisata di timur kabupaten Malang. Selain bentangan hutan Pinus yang menjadi salah satu daya tarik objek wisata ini. Terdapat pula banyaknya spot untuk para wisatawan berselfie. Para pemuda setempat juga menghiasi pohon-pohon Pinus tersebut dengan aneka payung warna warni. Keberadaan gazebo untuk beristirahat para wisatawan menikmati kesejukan alam hutan Pinus menjadi nilai plus dari tempat ini. Udara yang bebas dari polusi, hutan Pinus yang asri dan spot-spot foto. Keunikan lainnya ada pada rumus-rumus tematik yang bergelantungan di antara payung-payung warna warni. Di setiap sudut terdapat rumus-rumus matematika mulai dari rumus luas lingkaran, luas segitiga

Tips Perjalanan Jarak Jauh Menyenangkan

      Tips perjalanan jarak jauh menyenangkan . Sobat JJW pasti menginginkan perjalanan kalian menarik, menyenangkan dan mengesankan. Jangan sampai di saat tengah perjalanan justru menjadikan momen yang membosankan atau tidak menyenangkan apalagi sampai mabuk perjalanan. Perjalanan jarak jauh entah menuju kampung halaman atau berwisata dapat dilakukan dengan beragam transportasi yang digunakan baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Baik kendaraan roda dua, roda empat maupun transportasi udara dan laut. Tips agar perjalanan jarak jauh sobat JJW menyenangkan dan tentunya mengesankan, JJW telah merangkumnya dalam 5 tips agar perjalanan jarak jauh kalian menyenangkan sebagai berikut :   Persiapan Matang Sebelum memasuki hari-H sobat JJW tentunya melakukan persiapan yang matang. Persiapan ini bisa kalian lakukan mulai menyiapkan barang apa saja yang kalian butuhkan selama di perjalanan maupun di tempat tujuan kalian bepergian. Selain itu juga kalian harus mempersiapkan kondi